Kamis, 14 Maret 2013

SIPENCANTAR STPI Tahun 2013/2014

Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencantar) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Tahun Akademik 2013/2014. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia membuka penerimaan bagi putra-putri indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang penerbangan. Penerimaan mahasiswa baru yang sering disebut SIPENCANTAR tersebut dimulai dimulai tanggal 13 Februari s.d.31 Mei 2013. 



Syarat Pendaftaran
• Warga Negara Indonesia tidak lebih dari 23 tahun
• Belum pernah menikah dan sanggup tidak untuk menikah selama dalam pendidikan.
• Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata dan tidak buta warna.
• Memiliki tinggi badan minimum untuk Pria 160 cm, dan Wanita 155 cm. Khusus Penerbang : Pria 165 cm, dan Wanita 163 cm.
• Sanggup mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan.
• Sanggup ditempatkan atau ditugaskan dimana saja di seluruh Indonesia, dan tidak akan menuntut apabila tidak ada formasi penempatan setelah lulus pendidikan.
• Peserta yang lulus seleksi akan diadakan Pemeriksaan Psikologi.
• Peserta yang lulus seleksi diwajibkan membayar biaya Pendidikan.
• Biaya seleksi dibebankan kepada peserta
Jurusan yang dibuka
1. D.III OPU (Operasi Pesawat Udara)
2. D.III TPU (Teknik Pesawat Udara)
3. D.III TNU (Teknik Navigasi Udara)
4. D.III PLLU (Pemanduan Lalu Lintas Udara)
5. D.III PA (Penerbangan Aeronautika)
6. D.III TMB (Teknik Mekanikal Bandara)
7. D.III KP (Komunikasi Penerbangan)
8. D.III TLB (Teknik Listrik Bandar Udara)
9. D.III PKP (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan)
• Nomer 1 – 7 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi
• Nomer 8 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Bidang Keteknikan, Penerbangan
• Nomer 9 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif
Persyaratan Administrasi
1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan Agustus 2013
2. Jenis Kelamin : Pria / Wanita
3. Belum menikah dan sangguptidak menikah selama masa pendidikan dibuKikan dengan surat pernyataan
4. Tinggi Badan minimal Pria 160 Gm dan Wanita 155 Cm
5. Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar berwarna latar belakang merah dan foto copy STTB, Nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan/desa
6. Bagi yang masih duduk di Kelas lll SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN
7. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) yang telah disetorkan
a. Ke Rekening Bendahara Penerima, bagi yang mendaftar pada UPT BPSDM Perhubungan;
b. Ke PT. Bank BNt Tbk Kantor Gabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Merdeka Timur No.S Jakarta 10110, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.
Tata Cara Pendaftaran
1. Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website lnstitusi Diklat Perhubungan masing-masing;
2. Lokasi pendaftaran dan tempattes sebagai berikut :
a. Dinas Perhubungan :
1) STPI Curug . Jl. Raya PLP/ STPI Gurug, Tangerang Tlp.(021)598220+5Ert.527
2) DishubkominfoProv.KalimantanTengahJl.S.ParmanNo.l PalangkarayaTlp.(0536)3221090
3) Dishubkominfo Prov. Sular,’resi Tengah Jl. R.A Kartini No.35 Palu Tlp. (0451) 422196, Fax. (0451)423039
4) Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No. 35, Manado Tlp. (0431) 867052
5) Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara TimurJl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.(0380) 833691,831321
6) Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735, 637484
7) Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh, No. 12 Padang Telp. (0751) 40332
8) Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Paftimura No.21, Ambon, Maluku Telp. (0911) 352852
9) Dishubkominfo Prov. Papua Barat, Manokwari.
Jenis dan Tahap Seleksi
1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
2. Seleksi Potensi Akademik;
3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan;
4. Kelulusan ditentukan 2 (dua)tahapyaitu Hasil Seleksi Potensi Akademikdan Pantukhir.
LAIN – LAIN
1. Pendaftaran dimulai tanggal 13 Februari s.d.31 Mei 2013;
2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2013;
3. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Diklat Perhubungan;
4. Hasil seleksi potensi akademik, dan pantukhirakan diumumkan di tempat pendaftaran;
5. Program Studi STTD Bekasi dan PKTJ Tegal dapat menerima peserta berstatus PNS/BUMN yang mendapat tugas belajar dari lnstansinya dengan usia maksimum 27 tahun pada bulan Agustus 2013;
6. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan;
7. Bagi Pendaftaryang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pendaftaran dilakukan di masing-masing
sekolah yang dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar