Kamis, 14 Maret 2013

Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2013/2014

Tanggal pendaftaran sekolah kedinasan 2013-2014. Siswa SMA sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional, itu artinya tidak akan lama lagi mereka akan mendaftar ke perguruan tinggi negeri, swasta, atau sekolah kedinasan. Agar para siswa tidak ketinggalan informasi dan tidak terlambat mendaftar, berikut saya paparkan waktu pendaftaran beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.


Perkiraan waktu pendaftaran ini saya ambil dari waktu pedaftaran tahun-tahun sebelumnya. Dan rata-rata pendaftaran itu dibuka sekitar bulan-bulan di bawah ini. Jadi untuk kalian para siswa yang ingin mendaftar di sekolah kedinasan, silahkan pantau situs resmi sekolah kedinasan tersebut di bulan-bulan yang ada di bawah ini agar kalian tidak ketinggalan mendaftar.
Untuk Melihat Syarat, Prosedur, dan info pendaftaran lainnya, silahkan Klik nama sekolah kedinasannya.

Tanggal Pendaftaran 2013 - 2014


  1. Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (ST MMTC)
    Pendaftarannya antara AKHIR FEBRUARI SAMPAI AWAL AGUSTUS
    (pendaftarannya dibagi menjadi dua gelombang yang tiap gelombangnya dibagi lagi menjadi dua tahapan pendaftaran (total 4 tahap pendaftaran)


    Gelombang / Tahap Pendaftaran Online CBT & Wawancara Pengumuman
    I-tahap 1 25 Februari - 22 Maret 2013 8 dan 22 Maret 2013 26 Maret 2013
    I-tahap 2 22 Maret - 3 Mei 2013 5, 19 April, dan 3 Mei 2013 7 Mei 2013
    II-tahap 1 7 Mei - 14 Juni 2013 17, 31 Mei, 14 Juni 2013 18 Juni 2013
    II-tahap 2 24 Juni - 26 Juli 2013 28 Juni, 12 Juli - 26 Juli 2013 30 Juli 2013
  2. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung)
    AWAL APRIL DAN AWAL JUNI
    (Pendaftaran dibagi menjadi dua gelombang)
     
    Gelombang I
    4 Maret - 8 Mei 2013
    Gelombang II
    3 Juni -12 Juli 2013
  3.  
     
  1. Akademi Pariwisata Makassar (AKPAR Makassar)
    AWAL APRIL SAMPAI PERTENGAHAN JULI
  2. Akademi Pariwisata Medan (AKPAR Medan)
    AWAL APRIL SAMPAI AWAL JULI



  3. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP Bali)
    AWAL MEI SAMPAI PERTENGAHAN JUNI



  4. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
    AWAL OKTOBER SAMPAI PERTENGAHAN JUNI
    (SEMESTER GASAL)1 OKTOBER 2012 -9 JANUARI 2013
    (SEMESTER GENAP) 1 APRIL
    SAMPAI 12 JUNI 2013


  5. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
    PERTENGAHAN FEBRUARI SAMPAI AKHIR JUNI


    11 Februari 2013 - 05 Juni 2013

  6. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) PERTENGAHAN FEBRUARI SAMPAI AKHIR JUNI
    13 Februari s.d.31 Mei 2013

  7. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
    PERTENGAHAN FEBRUARI SAMPAI AKHIR JUNI



  8. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (ST3)
    AWAL APRIL
    SAMPAI AKHIR JUNI
    Pendaftarannya dibagi menjadi dua tahap

    Tahap I : 2 April 2013 - 8 Mei 2013
    Pengumuman : 14 Mei 2013
    Tahap II : 20 Mei 2013 - 28 Juni 2013
    Pengumuman : 8 Juli 2013


  9. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)
    PERTENGAHAN FEBRUARI
    SAMPAI AWAL AGUSTUS
    Pendaftarannya dibagi menjadi tiga gelombang

    GELOMBANG I
    Tgl.  18 Februari s/d 13 April 2013
    Tes : 14 April 2013
    GELOMBANG II Tgl. 15 April s/d 22 Juni 2013
    Tes : 23 Juni 2013
    GELOMBANG III Tgl. 24 Juni s/d 24 Agustus 2013
    Tes : 25 Agustus 2013

  10. Akademi Teknologi Kulit (ATK)
    AWAL FEBRUARI
    SAMPAI PERTENGAHAN JULI
    Pendaftarannya dibagi Menjadi tiga Gelombang


    Jalur P M D K 1 Februari – 28 Maret 2013
    Jalur Tes Gelombang I 1 Februari – 28 Maret 2013
    Jalur Tes Gelombang II 1 April – 31 Mei 2013
    Jalur Tes Gelombang III 3 Juni – 19 Juli 2013

     
  11. Akademi Kimia Analisis (AKA)
    PENDAFTARAN DIBUKA SAMPAI PERTENGAHAN JULI

    2 Januari 2013 - 4 Juli 2013
  12. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP Bogor)
    AWAL APRIL
    SAMPAI AHIR AGUSTUS
    pendaftaran dibagi menjadi dua tahapan
  13. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)
    AWAL MEI
    SAMPAI PERTENGAHAN JUNI
    1 Mei - 5 Juni 2013
  14. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)
    AKHIR APRIL
    SAMPAI AKHIR MEI

    30 Januari 2013 - 20 Maret 2013 (seleksi rapor)


  15. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
    AKHIR MARET
    SAMPAI AKHIR APRIL


  16. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
    AKHIR MARET
    SAMPAI AWAL MEI
    Pendaftaran (on-line): 18 Maret s.d. 19 April 2013
    Ujian tahap I: 4 Mei 2013
    Pengumuman hasil ujian tahap I: 24 Mei 2013
  17. Akademi Meteoroli dan Geofisika (AMG)
    PERTENGAHAN FEBRUARI
    SAMPAI PERTENGAHAN APRIL
  18. Akademi Kepolisian (AKPOL)
    AKHIR APRIL
    SAMPAI AKHIR MEI


  19. Akademi Ilmu Pemerintahan (AKIP)
    SEKITAR BULAN AGUSTUS
    18 - 22 maret 2013
  20. Akademi Imigrasi (AIM)
    18 - 22 Maret 2013
  21. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)
    SEKITAR BULAN DESEMBER
     
  22. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
    SEKITAR BULAN MEI

    6 Mei 2013
    hingga 17 Mei 2013



  23. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
    PERTENGAHAN AGUSTUS
    SAMPAI AWAL SEPTEMBER
  24. Akademi Militer (AKMIL)
    AWAL FEBRUARI
    SAMPAI AKHIR MARET
    4 Feb s.d. 28 Maret  2013



  25. Akademi Angkatan Udara (AAU)
    ANTARA BULAN MARET
    SAMPAI APRIL
  26. Akademi Angkatan Laut (AAL)
    AWAL FEBRUARI
    SAMPAI AHIR MARET

Waktu tersebut bisa saja berubah, sesuai dengan ketentuan panitia penerimaan. Sehingga untuk amannya, terus pantau situs resmi mereka yah teman-teman. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih

SIPENCANTAR STPI Tahun 2013/2014

Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencantar) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Tahun Akademik 2013/2014. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia membuka penerimaan bagi putra-putri indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang penerbangan. Penerimaan mahasiswa baru yang sering disebut SIPENCANTAR tersebut dimulai dimulai tanggal 13 Februari s.d.31 Mei 2013. 



Syarat Pendaftaran
• Warga Negara Indonesia tidak lebih dari 23 tahun
• Belum pernah menikah dan sanggup tidak untuk menikah selama dalam pendidikan.
• Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata dan tidak buta warna.
• Memiliki tinggi badan minimum untuk Pria 160 cm, dan Wanita 155 cm. Khusus Penerbang : Pria 165 cm, dan Wanita 163 cm.
• Sanggup mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan.
• Sanggup ditempatkan atau ditugaskan dimana saja di seluruh Indonesia, dan tidak akan menuntut apabila tidak ada formasi penempatan setelah lulus pendidikan.
• Peserta yang lulus seleksi akan diadakan Pemeriksaan Psikologi.
• Peserta yang lulus seleksi diwajibkan membayar biaya Pendidikan.
• Biaya seleksi dibebankan kepada peserta
Jurusan yang dibuka
1. D.III OPU (Operasi Pesawat Udara)
2. D.III TPU (Teknik Pesawat Udara)
3. D.III TNU (Teknik Navigasi Udara)
4. D.III PLLU (Pemanduan Lalu Lintas Udara)
5. D.III PA (Penerbangan Aeronautika)
6. D.III TMB (Teknik Mekanikal Bandara)
7. D.III KP (Komunikasi Penerbangan)
8. D.III TLB (Teknik Listrik Bandar Udara)
9. D.III PKP (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan)
• Nomer 1 – 7 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi
• Nomer 8 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Bidang Keteknikan, Penerbangan
• Nomer 9 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif
Persyaratan Administrasi
1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan Agustus 2013
2. Jenis Kelamin : Pria / Wanita
3. Belum menikah dan sangguptidak menikah selama masa pendidikan dibuKikan dengan surat pernyataan
4. Tinggi Badan minimal Pria 160 Gm dan Wanita 155 Cm
5. Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar berwarna latar belakang merah dan foto copy STTB, Nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan/desa
6. Bagi yang masih duduk di Kelas lll SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN
7. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) yang telah disetorkan
a. Ke Rekening Bendahara Penerima, bagi yang mendaftar pada UPT BPSDM Perhubungan;
b. Ke PT. Bank BNt Tbk Kantor Gabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Merdeka Timur No.S Jakarta 10110, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.
Tata Cara Pendaftaran
1. Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website lnstitusi Diklat Perhubungan masing-masing;
2. Lokasi pendaftaran dan tempattes sebagai berikut :
a. Dinas Perhubungan :
1) STPI Curug . Jl. Raya PLP/ STPI Gurug, Tangerang Tlp.(021)598220+5Ert.527
2) DishubkominfoProv.KalimantanTengahJl.S.ParmanNo.l PalangkarayaTlp.(0536)3221090
3) Dishubkominfo Prov. Sular,’resi Tengah Jl. R.A Kartini No.35 Palu Tlp. (0451) 422196, Fax. (0451)423039
4) Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No. 35, Manado Tlp. (0431) 867052
5) Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara TimurJl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.(0380) 833691,831321
6) Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735, 637484
7) Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh, No. 12 Padang Telp. (0751) 40332
8) Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Paftimura No.21, Ambon, Maluku Telp. (0911) 352852
9) Dishubkominfo Prov. Papua Barat, Manokwari.
Jenis dan Tahap Seleksi
1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
2. Seleksi Potensi Akademik;
3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan;
4. Kelulusan ditentukan 2 (dua)tahapyaitu Hasil Seleksi Potensi Akademikdan Pantukhir.
LAIN – LAIN
1. Pendaftaran dimulai tanggal 13 Februari s.d.31 Mei 2013;
2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2013;
3. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Diklat Perhubungan;
4. Hasil seleksi potensi akademik, dan pantukhirakan diumumkan di tempat pendaftaran;
5. Program Studi STTD Bekasi dan PKTJ Tegal dapat menerima peserta berstatus PNS/BUMN yang mendapat tugas belajar dari lnstansinya dengan usia maksimum 27 tahun pada bulan Agustus 2013;
6. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan;
7. Bagi Pendaftaryang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pendaftaran dilakukan di masing-masing
sekolah yang dituju.

Pengadaan Calon Taruna

Akademi Imigrasi

(AIM)

Tahun Akademik 2013/2014
tangerang, on march 15th 2013

Syarat Pendaftaran

1. Kuota 65 formasi dengan rincian

a. Formasi  Umum  sebanyak  60 formasi  dengan  rincian  :


  • Pria  :  54 formasi
  • Wanita :  6 formasi

b. Formasi  PNS  Kemenkumham  sebanyak  5  formasi dengan  rincian


  • Pria  : 3  formasi
  • Wanita : 2 formasi
2. Pria / Wanita
3. Pendidikan  SLTA  Sederajat  dengan  nilai  ljazah  terakhir  rata-rata  7 (tujuh) 
dan  nilai  Bahasa lnggris  7 (tujuh)  pada  rapor  semester  akhir  dan atau ijazah  dan atau  Ujian  Nasional (khusus  untuk daerah  Papua dan  Papua Barat nilai  ljazah  rata-rata  6,5  dan  nilai  Bahasa lnggris  6,5 (enam  koma  lima))
4. Umur  pada  tanggal  01  Maret 2013

  • Minimal 18 tahun
  • Maksimal 22 tahun  (dibuktikan  dengan  akte  Kelahiran/surat  keterangan  lahir
5. Tinggi Badan  minimal Pria  168  cm,  Wanita minimal  160  cm,
berat  badan  seimbang (ideal) berdasarkan  hasil  pengukuran  yang  dilaksanakan  pada  saat  tes  kesehatan  dan kesamaptaan  (khusus  untuk  daerah  Papua  dan  Papua  Barat  tinggi  badan  minimal  Pria 165 dan  Wanita 155  dengan  berat  badan  seimbang  (ideal))
6. Berbadan sehat,  tidak  cacat  fisik  dan mental, tidak  berkacamata,  tidak  tuli, 
tidak  bertato dan  tidak  buta  warna  dibuktikan  dengan  Surat  Keterangan  Dokter  RS. Pemerintah
7. Bebas  HIV/AIDS, bebas narkoba,  hepatitis dan  paru-paru sehat dibuktikan  dengan
Surat Keterangan  Dokter dan  Keterangan  Hasil  Rontgen  (setelah  dinyatakan  lulus)
8. Belum  pernah  menikah  dibuktikan  dengan  Surat  Keterangan  dari  Lurah 
dan  sanggup  tidak menikah  selama  pendidikan
9. Bersedia  ditempatkan  di Unit  Pelaksana  Teknis  (UPT)  di
seluruh  Wilayah lndonesia
10. Khusus  penerimaan  dari  Pegawai  Kementerian  Hukum 
dan  HAM  Rl selain  memilikisyarat tersebut  di atas  harus  memenuhi  syarat  seperti

a. PNS  di  lingkungan  Kementerian  Hukum  dan HAM,
belum pernah  menikah  dengan pangkat serendah-rendahnya  Pengatur Muda Tk.l (ll/b), dibuktikan  dengan surat  pengantar  dari  Pejabat Eselon  lI

b. Umur  pada tanggal  1 Maret 2013  tidak  lebih  dari26  tahun, 
yang  dibuktikan  dengan  akte/surat keterangan  lahir

c. Tidak  terdapat  catatan  cela sesuai  PP Nomor  53 Tahun 2010 
dibuktikan dengan  Surat Keterangan  dari  pejabat  Kepegawaian/Kepala  UPT

d. Tidak pemah  putus  studi/  drop  out (DO)  dari  Akademi llmu  Pemasyarakatan;
11. Seleksi  ujian dilakukan  dengan  sistem  guguryang  terdiri dari  :

a. Seleksi  Administrasi

b. Ujian Tulis  Tes Kompetensi  Dasar  (TKD)

c. Tes  Kesehatan  dan  Kesamaptaan

d. Psikotes  dan  Tes  Pengamatan  Fisik dan  Keterampilan  (PFK)
12. Membuat  dan mengisi  formulir  pernyataan  dan  melengkapi  surat-surat 
keterangan  lainnya setelah  dinyatakan  diterima  sebagai  Calon  Taruna
13. Berkas  lamaran  dimasukkan  dalam  Stopmap  warna  Biru,  di  luar  Stopmap  tertulis

a. Nama

b. Tempat dan Tanggal  Lahir

c. Pendidikan

d. Alamat Sekarang

e. Alamat  Email Nomor  Telepon  yang  mudah  dihubungi



Ketentuan-ketentuan Lain

1. Calon pelamar di seluruh lndonesia wajib melakukan pendaftaran secara
online ke alamat website http://cpns.kemenkumham.go.id dan mengisi form registrasi yang telah tersedia maka pelamar dapat  mencetak tanda bukti pendaftaran
 2 Berkas lamaran terdiri dari

a. Surat  lamaran  ditulis  tangan  dengan  tinta  hitam  di atas  kertas  folio
bergaris  dan bermaterai  Rp.6000,-  ditujukan  Kepada  Menteri  Hukum  dan  HAM  Rl di Jakarta;

b. Foto  copy  ljazah  /  STTB dan transkrip  nilai  terakhir  yang  telah
dilegalisir

c. Foto  copy  Surat  Keterangan  Catatan  Kepolisian  yang  telah 
dilegalisir

d. Foto  copy  Kartu  Kuning/Kartu  Pencari  Kerja yang  telah  dilegalisir

e. Foto  copy  Akta kelahiran  /  Surat  Keterangan  Lahir

f. Surat keterangan  berbadan  sehat,  tidak  buta  warna,  tidak  tuli  dan
tidak  bertato  dari dokter RS. Pemerintah/  Puskesmas

g. Surat Keterangan  belum  pernah  menikah  dari  Lurah

h. Surat Pernyataan  dari pelamar yang berisikan  sanggup 
tidak  menikah selama pendidikan  dan  tidak  terikat  dengan  instansi lain/swasta

i. Pas  photo  berwarna  dasar Biru berukuran  3  x 4 sebanyak  2lembar (untuk  kartu  peserta ujian)

j. Tanda bukti cetaUprint  registrasi  pendaftaran
3. Untuk  Pelamar dari Pegawai Kementerian Hukum dan HAM  disamping
butir  diatas,  juga harus  dilengkapi  dengan  :

a. Surat  ijin  atau  pengantar dari  Sekretaris  Unit Utama  atau 
Kepala  Kantor  Wilayah  dan atau  Kepala UPT

b. Surat keterangan  dari Pejabat  Eselon  ll  atau  Kepala  Satuan 
Kerja yang menyatakan bahwa  yang  bersangkutan  tidak  sedang menjalani  Hukuman  Disiplin/tidak  dalam proses  pengusulan  Hukuman Disiplin berdasarkan  PP  Nomor  53  Tahun  2010

c. Foto  copy  Surat  Keputusan  Pangkat  terakhir  yang  dilegalisir.
4. Berkas  lamaran  lengkap  dimasukkan  dalam  stopmap  dan  dikirim  ke  PO BOX  2747  JKP
10027